Sunday, May 19, 2013

Mengapa Saya Layak Menjadi Guru Berprestasi




Mengapa Saya Layak
Menjadi Guru Berprestasi

Disusun
Oleh:

NAMA         :  SYAMSU AHMAD NOOR, SE, M.Pd.
NIP                :  19730221 200501 1 008
NUPTK         :  2553751653200012


SMA NEGERI 1 GIRIMARTO
KECAMATAN GIRIMARTO
KABUPATEN WONOGIRI
PROPINSI JAWA TENGAH
2013
I.       LATAR BELAKANG

Menjadi guru adalah tugas negara. Dimanapun kita ditempatkan, kita harus siap melakukan pengabdian, karena dimana kita ditempatkan bukan ditentukan karena kita berprestasi atau tidak. Latar belakang kondisi di tempat pengabdian memiliki lokasi yang kurang strategis, keterbatasan input siswa, keterbatasan sarana prasarana. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi kami, sangat berbeda dengan guru yang ditempatkan di sekolah-sekolah favorit.

A.    Motivasi mengikuti lomba guru berprestasi
Motivasi mengikuti lomba adalah untuk perbaikan diri, pengembangan diri dan mencari pengalaman. Kami menyadari bahwa kami bukanlah siapa-siapa. Kami hanyalah seorang guru yang terus berusaha untuk memperbaiki diri dan bermanfaat bagi orang lain.
Alloh SWT telah berfirman bahwa barang siapa yang menolong agama Alloh, maka Alloh akan meneguhkan kedudukannya di muka bumi. Menolong disini adalah berarti bermanfaat bagi umat manusia, khusunya umat islam. Dalam hadis nabi juga sudah disebutkan bahwa sebaik-baik kamu adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Untuk itu diperlukan langkah instropeksi, perbaikan diri dan peningkatan potensi diri.
B.     Visi Misi Kehidupan sebagai guru
1.      Visi kehidupan kami adalah menjadi guru yang mampu menjalankan tugas secara profesional, terus menerus melakukan pengembangan diri, dan berusaha memperluas manfaat dan produktivitas bagi keluarga, tempat pengabdian dan masyarakat.
2.      Misi kami adalah :
a.    Mampu menyampaikan ilmu secara efektif dengan memanfaatkan TIK.
b.   Memajukan tempat pengabdian menjadi sekolah yang berprestasi dan diminati oleh masyarakat.
c.    Menjadikan keluarga yang samara, berprestasi, bermanfaat dan bermartabat.
d.   Berperan aktif di masyarakat dalam bidang pendidikan, bidang sosial dan dakwah islamiyah.
e.    Mampu memcipatkan lapangan kerja, menyantuni fakir miskin, yatim piatu dan pemberdayaan di bidang ekonomi.

II.    PRESTASI YANG LAYAK

A.    Prestasi
1.      Prestasi pribadi dan sebagai guru.
a.    Mendapatkan penghargaan Cumlaude dari Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sebagai seorang guru yang dituntut untuk mengembangkan kompetensi profesional, maka kami melanjutkan studi Pasca Sarjana Magister Pendidikan, Jurusan Teknologi Pendidikan. Dalam kesempatan tersebut kami mendapatkan penghargaan dari Rektor Universitas Sebelas Maret, karena lulus dengan predikat cumlaude, dengan IPK 3,71 pada tahun 2011.
b.   Menjadi Trainer Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Bagi Pendidik Jenjang SMA/MA, dengan sertifikat dari Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP).
c.    Mendapatkan sertifikat dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tahun 2013. Dengan sertifikat tersebut telah berhak menjadi penilai dalam Penilaian Kinerja Guru.
d.   Membimbing siswa dalam Lomba Olimpiade Ekonomi tingkat Kabupaten, mendapatkan juara kedua pada tahun 2009.
e.    Mendapatkan penghargaan dari Ketua Jurusan Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Surakarta, sebagai pembicara dalam Seminar Leadership, yang diadakan oleh Laboratorium Bisnis Jurusan Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 2013, bertempat di Resto Pringsewu Surakarta.
2.      Peran dalam inovasi sebagai Sekretaris Program Kelas Unggulan berbasis ICT SMA N 1 Girimarto pada tahun pelajaran 2011/2012.
a.    Sebagai pencetus ide dan perintis terbentuknya Kelas Unggulan berbasis ICT SMA N 1 Girimarto.
Perubahan adalah sebuah keniscayaan, Jika penyelenggara sekolah tidak melakukan perubahan-perubahan ke arah perbaikan penyelenggaraan pendidikan, maka sekolah tersebut lama kelamaan akan ditinggalkan para     peminatnya
Dengan latar belakang lokasi yang kurang strategis dan keterbatasan sarana dan prasarana, maka SMA N 1 Girimarto hanya dijadikan sebagai alternatif kedua oleh anak-anak yang berprestasi di kecamatan Girimarto. Untuk itu guna menjaring anak-anak berprestasi, maka kami mengusulkan kepada kepala sekolah untuk membentuk kelas unggulan berbasis ICT. Dalam hal ini kami ditunjuk sebagai sekretaris program pada tahun pelajaran 2011/2012 dan sebagai bidang pelatihan softskill pada tahun pelajaran 2012/2013.
Kelas ICT dilengkapi dengan sarana kelas yang memadai, yaitu full AC, peredam suara, speaker kelas, LCD Proyektor dan 4 buah perangkat computer. Siswa-siswinya mayoritas telah memiliki laptop. Perbedaan dengan kelas regular adalah dalam proses pembelajaran berbasis ICT, serta diberikan jam tambahan muatan keunggulan ICT. Yaitu meliputi Corel Draw, Blog, Photoshop, dan Troubel Shooting. Telah bekerja sama dengan PUSKOM Universitas Sebelas Maret Surakarta, dengan Uji Kompetensi dan sertifikat dari PUSKOM.
Kelas Unggulan berbasis ICT mengalami perkembangan peminat yang cukup bagus, yaitu pada tahun 2011 dibuka satu kelas berjumlah 28 peserta didik dan pada tahun 2012 meningkat menjadi dua kelas dengan 46 peserta didik atau naik sebesar 64,2 %.
b.   Prestasi Siswa-siswi Kelas Unggulan berbasis ICT SMA N 1 Girimarto
1)      Peringkat 3 Lomba OSN TIK Kabupaten Wonogiri tahun 2011, dan peringkat 76 tingkat provinsi.
2)      Peringkat 3 Lomba OSN Biologi Kabupaten Wonogiri tahun 2011.
3)      Juara 1 Lomba Scouting Skill Putera Karesidenan Surakarta tahun 2012.
4)      Juara 1 Lomba Pertolongan Pertama Putera Karesidenan Surakarta tahaun 2012.
5)      Juara Harapan 1 Duta Cakra Giri Baskara Kabupaten Wonogiri tahun 2012.
3.      Peran dalam inovasi sebagai Ketua Program Kelas Enterpreneur SMA Negeri 1 Girimarto tahun pelajaran 2012/2013.
Dengan latar belakang bahwa mayoritas alumni SMA N 1 Girimarto tidak melanjutkan kuliah, tetapi memilih bekerja, maka kami mengusulkan pembentukan kelas Enterpreneur. Yaitu kelas dengan nilai plus pembekalan jiwa wirausaha, dengan diberikan ketrampilan tambahan Elektonika, Food Product (tata boga) dan tata rias (Face and body care). Saat ini telah terbentuk dua kelas Enterpreneur, yaitu kelas X3 dan kelas XI IPS 1.
Tenaga pendidik program ketrampilan adalah dari intern sekolah maupun tenaga ahli dari luar, yaitu bekerjasama dengan BLKI Wonogiri dan SKB Wonogiri. Juga menjalin kerjasama dengan Laboratoriun Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam pelatihan softskill. Siswa diberikan program magang di dunia usaha yaitu : SGM Solo, Hotel Dana Wonogiri, Restoran katsu-katsu cabang Wonogiri, Roti sanjaya dan servis Bakri Wonogiri.
Program Kelas ICT dan kelas Enterpreneur telah di lounching oleh Kepala Dinas pendidikan kabupaten Wonogiri bersamaan dengan diadakannya seminar dan pameran pendidikan pada saat HUT SMA N 1 Girimarto.
4.      Prestasi di bidang kesiswaan SMA N 1 Girimarto tahun 2008 sd 2013.
Saat ini kami diberi kepercayaan menjabat  sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Kami berkecimpung di bidang kesiswaan sejak tahun 2008, sebagai sekretaris bidang keisiwaan merangkap Pembina Osis. Di bidang kesiswaan, kami selaku koordinator pengembangan prestasi (lomba) intrakurikuler dan ekstrakurikuler, berusaha terus mengembangkan potensi siswa.
Kami juga telah menetapkan program andalan di bidang kesiswaan, yaitu Spiritual and softskill Building, Pembinaan Akhlak dan Posyandu remaja. Program-program ini dicanangkan untuk membina karakter siswa, sikap mental positif, kreatif, mandiri dan berprestasi. Prestasi bidang kesiswaan SMA N 1 Girimarto diantaranya adalah :
a.       Juara 3 Kejuaraan Karate Inkai se Asean tahun 2009.
b.      Juara 2 Lomba Mapel Ekonomi tahun 2009 tingkat Kabupaten.
c.       Juara 2 Karate inkai Kejauaraan daerah Inkai Jawa tengah tahun 2010.
d.      Juara KIR Iptekda Kabupaten Wonogiri tahun 2011 dan maju ketingkat provinsi.
e.       Juara KIR Iptekda Kabupaten Wonogiri tahun 2012 dan maju ketingkat provinsi.
f.       Juara 3 Jumbara PMR Kabupaten Wonogiri tahun 2011.
g.      Juara 3 Raimuna Gugus Depan Putri Kabupaten Wonogiri 2011.
h.      Juara 3 Pencak Silat POPDAKAB Wonogiri 2011
i.        Juara  3 Lomba Mapel Kebumian Kabupaten Wonogiri 2012
j.        Juara 1 Tartil Al Qur’an Kabupaten Wonogiri 2012.
k.      Juara 2 baca pusi Karesidenan Surakarta 2012.
5.      Prestasi sebagai Ketua Koperasi Pegawai Negeri Cipta Mandiri SMA N 1 Girimarto.
Pada bulan Februari 2006 kami dipercaya sebagai bendahara Koperasi Cipta Mandiri SMA N 1 Girimarto, dam pada tahun 2008 kami terpilih sebagai Ketua. KPRI Cipta Mandiri pada awalnya bergerak dibidang simpan pinjam, dan pada tahun 2010 kami mendirikan sektor pertokoan.
Aset KPRI Cipta Mandiri dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan, dan mampu memberikan kontribusi kesejahteraan bagi para anggota, yaitu para guru dan karyawan SMA Negeri 1 Girimarto. Perkembangan asset tersebut adalah :
a.    Tahun 2008 sebesar Rp. 121.751.428.
b.   Tahun 2009 sebesar Rp. 147.752.796.
c.    Tahun 2010 sebesar Rp. 188.355.596.
d.   Tahun 2011 sebesar Rp. 213.534.076.
e.    Tahun 2012 sebesar Rp. 259.435.396.
Dengan demikian apabila diprosentase perkembangan asetnya selama 5 tahun terahir adalah sebesar 113 %.
6.      Prestasi sebagai Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Kabupaten Wonogiri periode  2011-2014.
MGMP Ekonomi telah melakukan berbagai kegitan, diantaranya : Workshop pemberdayaan MGMP Ekonomi, Pelatihan Guru Mapel, Diklat Pendidikan Karakter, Seminar Akuntansi, Seminar Perpajakan, dan Diklat Laboratorium Ekonomi.
B.     Pengalaman Kerja.
1.      Sebagai Staf Pengajar Lembaga Pwendidikan Primagama Surakarta pada tahun 1999.
2.      Sebagai Staf Pengajar Lembaga Pendidikan Nurul Ilmi Wonogiri pada tahun 2000-2002.
3.      Sebagai Guru Kewirausahaan SMK Muhammadiyah 6 Tirtomoyo Wonogiri tahun pada 2002-2004.
4.      Sebagai Guru Ekonomi SMA N 1 Girimarto pada tahun2005-sekarang.

C.    Pengembangan Profesi.
1.      Mengikuti Lomba Karya Akademik
a.    Lomba CD Pembelajaran Interaktif yang diadakan oleh LPMP pada tahun 2008
b.   Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran tingkat Nasional yang diadakan oleh Dirjend PTK Depdiknas pada tahun 2009
2.      Membuat Karya
a.    Software Pembelajaran Interaktif Mandiri (SPM) Badan Usaha tahun 2010.
b.   Video Roleplaying berbahasa Inggris tahun 2009.
c.    Inovasi Pembelajaran Ekonomi berbasis TIK tahun 2010.
d.   Inovasi Pembelajaran Concept Game Card tahun 2010
3.      Mengikuti kursus Test of English for Academic Purposes (TEAP) di UPT2B Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan hasil baik.
4.      Menjadi Pembicara dalam In House Training di SMA N 1 Girimarto pada tahun 2009, 2010 dan 2011.
5.      Menjadi pembicara dalam pelatihan di beberapa instansi, diantaranya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, SD IT Al Huda Sidoharjo, Iqro Club dan Forum Komunikasi Majelis Taklim Wonogiri.
6.      Membuat Karya Tulis dan Penelitian, yaitu :
a.    Diktat Ekonomi kelas X semester 1.
b.   Diktat Ekonomi kelas XII Semester 2.
c.    PTK Peningkatan Minat Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa melalui Penggunaan Software Pembelajaran Mandiri.
d.   Makalah Ilmiah Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Student Active Learning.
e.    Makalah Ilmiah Ilmu dan Kebenaran yang Melandasi Metode Ilmiah.
f.    Makalah Ilmiah Aplikasi Pendekatan Sistem dalam Pendidikan.
g.   Telaah Jurnal ilmiah ditinjau dari Difusi Inovasi Pendidikan.
h.   Revew Tesis dari Sudut Pandang Teknologi Pendidikan dengan judul : Pengaruh Pendekatan Quantum Learning dan Expository terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Motivasi belajar siswa.
7.      Membuat Media Pembelajaran, yaitu dalam bentuk power point berjumlah 29 buah.

8.      Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan.

a.       Diklat CTL Tingkat Nasional.

b.      Diklat “INOVASI PEMBELAJARAN KREATIF DALAM PENINGKATAN KUALITAS SISWA”

c.       Diklat “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ACTIVE, CREATIVE DAN 
       INNOVATIVE LEARNING MELALUI CLASSROOM ACTION RESEARCH (PTK)”

d.      Pelatihan Peningkatan Kemampuan Profesioanal Guru tingkat provinsi.

e.      Pelatihan Media Pembelajaran di Studio Puskat.

f.        TFT Pemanfaatan TIK Pembelajaran BPTIKP Propvinsi.

g.       Pendidikan dan Pelatihan PKG dan PKB LPMP.

9.      Mengikuti Forum Ilmiah.

a.       Seminar Internasional ”PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN STRATEGI  
      PEMBELAJARAN”.

b.      International Seminar On Educational Technologi “ICT FOR CONTINUOUS PROFESIONAL 
      DEVELOPMENT” 2009.

c.       International Seminar On Educational Technologi 2010.

d.      International Seminar “ENHANCING RESEARCH QUALITY IN HIGHER EDUCATION”.

e.       Seminar Nasional Pendidikan Berkualitas ”STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS 
       PENDIDIKAN”.

f.       Seminar Pendidikan Nasional ”SEKTOR PENDIDIKAN DALAM RANGKA OPTIMALISASI 
     MANAGERIAL BAGI PARA PENDIDIK”.

g.      Seminar Nasional ”PENYELAMATAN BUDAYA NUSANTARA DAN EKONOMI 
      KERAKYATAN”.

10.  Menjadi Pengurus Oragnisasi Profesi.

a.    Seksi Akademis MGMP Ekonomi Kabupaten Wonogiri tahun 2009-2010.

b.   Ketua MGMP Ekonomi Kabupaten Wonogiri tahun 2011-2014.

III. PRESTASI BERKELUARGA DAN BERMASYARAKAT


A.    Prestasi berkelurga.
Saya selalu berusaha meningkatkan peran sebagai kepala keluarga, sebagai suami dan sebagai orang tua.

1.   Peran sebagai kepala keluarga dan sebagai suami.
Saya berusaha untuk menjadi kepala keluarga yang mampu menciptakan suasana sakinah mawaddah warahmah. Memberikan dorongan kepada istri, drg. Ita Cahyaningsih, dalam pengembangan profesinya sebagai dokter serta memberikan support kepada istri untuk berperan aktif di bidang kemasyarakatan, sebagai ketua Persaudaraan Muslimah Kecamatan Nguntoronadi.

2.   Peran sebagai orang tua.
Bahu membahu dengan istri untuk menjadi orang tua yang mampu mendidik anak-anak menjadi pribadi yang beriman, mandiri, kreatif, mantap dan berprestasi. Alhamdulillah anak-anak kami mampu menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan.
a.       Anak pertama Tazkia Qolbina Azzami, sekarang telah duduk di kelas 7 SMP IT Al Huda Wonogiri. Memiliki prestasi sebagai berikut :
1)      Juara 3 LKBB Pramuka JSIT Jateng & DIY.
2)      Juara 1 paralel semester 1 di kelas 7 tahun pelajaran 2012/2013 SMP IT Al Huda Wonogiri.
3)      Peraih nilai UN tertinggi SD IT Al Huda Wonogiri.
4)      Mendapatkan Nilai 10 dalam Matematika Ujian Nasional SD.
5)      Mendapatkan sertrifikat hafal 2 juz Al Qur’an.
6)      Peserta penataran dokter kecil.
7)      Peserta Olimpiade Mapel JSIT Jateng-DIY
8)      Peserta Lomba Gerak Jalan Gunung gandul CUP.
b.      Anak kedua Khalisha Amananina Azzami, saat ini duduk di kelas 3 SD IT Assalamah Baturetno.
1)      Juara 1 paralel kelas 3 semester 1 tahun pelajaran 2012/2013.
2)      Peserta Lomba tari tingkat SD tahun 2013.
3)      Juara 1 MTQ Tingkat TK Kecamatan Nguntoronadi.  
4)      Juara 3 MTQ Tingkat TK  Kabupaten Wonogiri.
Anak kami yang ketiga, Zhafrani Avicena Azzami, saat ini duduk di Taman Kanak-kanak, dan anak ke empat Syamila Rozaqna Azzami berumur 1 tahun.

B.  Prestasi bermasyarakat.
Kondisi sebagian besar masyarakat di kabupaten Wonogiri, dihadapkan pada masalah sulitnya lapangan kerja, rendahnya kesadaran pentingnya agama dan pendidikan, serta masih banyknya kaum dhuafa (fakir miskin). Kami mempunyai misi di masyarakat untuk mampu menciptakan lapangan kerja, menyediakan pendidikan dasar yang islami dan peyantunan fakir miskin.
1.   Peran sebagai ketua penyelenggara PAUD Ruhul Ababil.
Pendidikan usia dini adalah pendidikan yang sangat penting bagi masa depan perkembangan anak, utamanya pendidikan yang berbasis agama. Karena inilah awal dari terbentuknya karakter bagi anak-anak.
2.   Peran sebagai pendiri dan Pembina TK Islam Syafira Nguntoronadi.
Pendidikan yang berhasil harus dilakukan secara berkesinambungan. Maka pendidikan di PAUD harus dilanjutkan di TK dan SD.
3.   Peran sebagai mediator pendirian SD IT Mutiara Hati Ngadirojo.
Sekolah Dasar yang berbasis agama menurut kami sangat penting, karena diera globalisasi saat ini tantangan dekadensi moral sangat kuat. Sehingga perlu dilakukan penguatan moral dan akidah sejak dini.
4.   Peran sebagai Ketua Pendiri BMT Berkah Mandiri, dan saat ini menjadi pengawas.
Sebagaimana kami sampaikan di depan bahwa kondisi di Wonogiri sangat membutuhkan lapangan kerja, dimana hal ini untuk mengatasi krisis generasi muda, karena sebagian besar pemuda Wonogiri merantau ke kota besar. Lembaga ini diharapkan mampu melakukan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.
5.   Sebagai pendiri unit Baitul Maal Berkah mandiri.
Unit Baitul Maal diharapkan mampu menopang kegiatan dakwah dan pendidikan, serta menyantuni fakir miskin dan yatim piatu.

IV. HARAPAN DAN RENCANA KEGIATAN DI MASA YANG AKAN DATANG.

A.    Mampu menjadikan sekolah tempat pengabdian menjadi the big five of favourite senior high school di Kabupaten Wonogiri.
B.     Mampu melakukan pengembangan diri dengan aktif dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan, forum ilmiah, aktif di lembaga profesi serta membuat diktat pegangan siswa, PTK, buku mata pelajaran dan buku  motivasi.
C.     Mampu menjadi motivator dan inspirator tingkat daerah maupun skala yang lebih luas.
D.    Mendirikan Sekolah Dasar Islam terpadu di kecamatan Nguntoronadi.
E.     Mendirikan Lembaga kesehatan di Kecamatan Nguntoronadi.
F.      Pergi ketanah suci dan study banding dan travelling ke luar negeri.

V.    PENUTUP/LAMPIRAN-LAMPIRAN

Demikian makalah ini kami buat, semoga bermanfaat utamanya bagi penulis. Semoga Alloh SWT menerima semua amal shaleh kita dan mengabulkan harapan-harapan kita.

No comments:

Post a Comment

Silakan komentar disini